Berapa Besaran Bansos PKH BPNT PIP di Bulan Juli 2024? Ini Rinciannya

- 1 Juli 2024, 21:30 WIB
Ilustrasi Bansos BPNT PKH PIP Juli 2024.
Ilustrasi Bansos BPNT PKH PIP Juli 2024. /Foto: ekoanug/Pixabay

PEMBRITA BOGOR - Dalam mengatasi masalah kemiskinan di Indonesia, pemerintah terus melakukan upaya dengan menyalurkan bantuan sosial (bansos) yang signifikan sepanjang tahun 2024. Salah satu bentuk bantuan yang akan disalurkan kembali pada bulan Juli adalah bantuan beras.

Menurut Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), Arief Prasetyo Adi, bantuan ini bertujuan untuk membantu keluarga penerima manfaat (KPM) yang tidak mampu, dengan alokasi anggaran mencapai Rp9 triliun.

Arief menjelaskan bahwa bantuan tersebut akan diberikan secara bertahap, dengan penyaluran pada bulan Agustus, Oktober, dan Desember tahun ini.

Lalu, siapa saja yang berhak mendapat bantuan beras dari pemerintah untuk periode bulan Juli 2024 ini dan berapa besarannya? Berikut informasinya.

Berapa Besaran Bantuan Beras Juli 2024?

Selain bantuan beras, Program Keluarga Harapan (PKH) juga menjadi salah satu program unggulan dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

PKH menyasar KPM yang terdaftar dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Program ini memberikan bantuan finansial kepada beberapa kategori penerima, seperti ibu hamil, anak usia dini, siswa SD hingga SMA, penyandang disabilitas berat, dan lanjut usia.

Penyaluran bantuan dilakukan dalam empat tahap sepanjang tahun, yang mencakup periode Januari hingga Desember.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) juga merupakan salah satu program yang berperan penting dalam upaya mengurangi beban hidup bagi keluarga miskin.

Halaman:

Editor: Muhammad Rizky Suryana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah