Sejumlah Perdebatan Vaksin Covid-19 Selesai 2 Hari, 'Cus' Presiden Jokowi Disuntik

- 13 Januari 2021, 17:00 WIB
Presiden RI, Joko Widodo saat disuntik vaksin Covid-19. /Sekretariat Kabinet

PR BOGOR – Sekitar seminggu sebelum Presiden Jokowi divaksin Covid-19 pada Rabu,13 Januari 2021, sejumlah perdebatan muncul.

Namun, dua hari jelang pelaksaan vaksinasi covid-19 yang diawali oleh Presiden Jokowi, perdebatan itu hilang.

Perdebatan pertama muncul soal kelaikan vaksin impor dari China itu. Sejumlah tokoh baik di medsos maupun di medua arus utama berdebat tentan hal itu.

Baca Juga: Akses Pedulilindungi.id, Penting untuk Tahu Jadwal dan Berbagai Informasi Soal Vaksinasi Covid-19

Kemudian terkait halal dan haram, lagi-lagi jadi perdebatan. Namun, itu semua mereda sesuai jadwal yang sudah dibuat untuk Jokowi, yakni 13 Januari 2021, vaksin akan disuntikkan ke orang nomor satu di Indonesia.

Vaksin Covid-19 label Sinovac telah secara resmi memiliki sertifikasi halal yang diserahkan oleh Kementerian Agama (Kemenag) sejak diumumkan hari ini, Rabu, 13 Januari 2021.

Penyerahan sertifikasi halal tersebut dilakukan Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi kepada Direktur Utama PT Biofarma.

Baca Juga: KPK Laporkan 5 Penambahan Tahanan Koruptor Positif Covid-19, Total 19 di Wisma Atlet

Diberitakan sebelumnya, vaksin Sinovac ini juga telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sejak 11 Januari 2021.

Pasca mendapat izin EUA dari BPOM, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pun menyatakan dukungan penuh terhadap program vaksinasi di Indonesia serta menghimbau agar masyarakat tidak ragu dan dapat menghentikan polemik yang ada sehingga pandemi corona dapat segera teratasi.

Halaman:

Editor: Rizki Laelani


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X