Ini Dampak Ekonomi dari Ekspansi Sektor Perumahan

- 8 Maret 2021, 15:59 WIB
Bank BTN sebut eskpansi di sektor perumahan berdampak besar bagi perekonomian nasional.
Bank BTN sebut eskpansi di sektor perumahan berdampak besar bagi perekonomian nasional. /Dok. Bank BTN

 

PR BOGOR - Pengembangan di sektor perumahan tercatat memiliki dampak berlipat ganda bagi 174 sektor ekonomi lainnya atau setara Rp48,8 triliun.

Plt. Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Nixon LP Napitupulu mengatakan ekspansi di sektor perumahan memiliki dampak besar bagi perekonomian nasional.

Nixon mencontohkan, perumahan merupakan sektor yang dapat meningkatkan lapangan kerja karena untuk setiap rumah yang dibangun setidaknya membutuhkan sekitar 5 pekerja.

Baca Juga: Demi Percepat Sekolah Tatap Muka, Bupati Bogor Ade Yasin Prioritaskan Guru Peroleh Vaksinasi Covid-19

Selain itu, produksi dan perdagangan nasional pun dapat terdongkrak karena 90% bahan bangunan untuk mendirikan rumah merupakan produk lokal.

Belum lagi dari setiap unit rumah yang terjual, pemerintah mendapatkan penerimaan negara dalam bentuk Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Bea Balik Nama (BBN), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

“Contoh nyata saja, setiap ada perumahan baru, pasti ada aktifitas ekonomi baru seperti warung, ojek, atau rumah makan. Dari kajian internal kami, sektor perumahan ini bisa berdampak pada 174 sektor lainnya yang bernilai hingga Rp48,8 triliun,” jelas Nixon di Jakarta, Senin, 8 Maret 2021.

Baca Juga: Dikawal 34 Pimpinan DPD Partai Demokrat, AHY Serahkan Dokumen Pelanggaran KLB ke Kemenkumham

Halaman:

Editor: Nuzulia Rega


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x