BTN Dukung Industri Properti untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

- 8 Juli 2021, 20:15 WIB
Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo.
Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo. /Dok. BTN

PR BOGOR - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau Bank BTN optimistis sektor properti mampu membantu pemerintah memulihkan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu dibuktikan dengan pertumbuhan positif sektor properti di tengah kontraksi pertumbuhan ekonomi nasional.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sektor properti berkontribusi sebesar 1,25 persen dan 0,94 persen secara year on year (yoy) terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal IV/2020 dan kuartal I/2021.

Baca Juga: LINK NONTON My Roommate Is A Gumiho Ep 14 Sub Indo: Lee Dam Menunggu Shin Woo Yeo di Rumah

“Sektor properti memiliki multiplier effect yang luas kepada 174 sektor turunannya. Dimana sektor ini merupakan sektor padat modal sekaligus padat karya, 90 persen bahan bangunan yang digunakan dalam konstruksi menggunakan produk lokal.

"Sektor ini memberikan sumbangan ke negara dalam bentuk penerimaan pajak seperti PPh, PPN, BBN, serta BPHTB. Lebih jauh, sektor ini juga melibatkan lebih dari 7.000 pengembang yang berperan dalam penyediaan supply perumahan,” ujar Direktur Utama Bank BTN, Haru Koesmahargyo dalam webinar Peluang dan Tantangan Industri Properti Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Nasional pada Rabu, 30 Juni 2021.

Lebih lanjut, Haru mengatakan berdasarkan data Housing Finance Center Bank BTN, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang disalurkan oleh Bank BTN secara nyata berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Pengumuman PPDB Jabar 2021 Tingkat SMA Diumumkan Besok, 9 Juli 2021, Cek Link Berikut

Pertama, output multiplier, setiap Rp 1 yang dikeluarkan untuk sektor perumahan akan menciptakan output pada ekonomi sebesar Rp 2,15.

Kedua, income multiplier, setiap Rp 1 yang dikeluarkan untuk sektor perumahan akan menciptakan tambahan penghasilan pada pekerja sektor perumahan sebesar Rp0,76.

Halaman:

Editor: Bayu Nurullah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x