Kelangkaan Gas LPG 3 Kg karena Dinilai Tidak Tepat Sasaran, Begini Kata Pengamat

- 31 Juli 2023, 09:50 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati bersama anggota komisi VI DPR I Nyoman Parta meninjau stok elpiji 3 kilogram imbas terjadinya kelangkaan di Denpasar, Bali, Minggu (30/7/2023).
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati bersama anggota komisi VI DPR I Nyoman Parta meninjau stok elpiji 3 kilogram imbas terjadinya kelangkaan di Denpasar, Bali, Minggu (30/7/2023). /ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/

PEMBRITA BOGOR - Penggunaan gas LPG 3 kilogram di Indonesia saat ini dinilai masih kurang tepat sasaran dan belum jelas peruntukannya.

Menurut pengamat kebijakan energi, Sofyano Zakaria, perlu ada ketentuan yang tegas terhadap siapa yang berhak menggunakan LPG 3 kg dan jenis sanksi yang diberlakukan jika terjadi pelanggaran atas ketentuan tersebut.

"Sepanjang tidak ada ketentuan yang tegas, jelas dan rinci atas LPG 3 kg tersebut, masyarakat tetap akan meyakini bahwa LPG 3 kg bisa mereka beli dalam jumlah berapa pun dan aparat penegak hukum sulit untuk melakukan tindakan terhadap hal tersebut," tuturnya mengutip dari ANTARA, Kamis, 27 Juli 2023.

Baca Juga: Fakta Terbaru Tragedi Polisi Tembak Polisi di Rusun Polris Cikeas Bogor, 2 Tersangka Terancam Hukuman Mati

Lebih lanjut Sofyano mengatakan, peningkatan kebutuhan LPG 3 kg tidak hanya dilihat dari sisi negatif saja, tetapi dari sisi positif sebagai terjadinya pertumbuhan perekonomian masyarakat, dengan ditandai meningkatnya kebutuhan LPG. Walau LPG subsidi tersebut, misalnya digunakan untuk nonrumah tangga sekali pun.

Tabung gas elpiji 3 kilogram yang beberap waktu di Kota Bukittinggi mengalami kelangkaan, Wako setempat mengeluarkan Surat Edaran untuk mengatur pendistribusian tabung gas ini agar diprioritaskan didapatkan warga miskin.
Tabung gas elpiji 3 kilogram yang beberap waktu di Kota Bukittinggi mengalami kelangkaan, Wako setempat mengeluarkan Surat Edaran untuk mengatur pendistribusian tabung gas ini agar diprioritaskan didapatkan warga miskin. /ANTARA/Al Fatah

Gas Elpiji 3 Kilogram Langka di Berbagai Daerah Indonesia

Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) itu meminta agar Pertamina dapat meningkatkan kemampuan dalam mengatasi kekosongan sesaat pasokan LPG 3 kg untuk menghindari kelangkaan.

"Kuota LPG 3 kg yang telah ditetapkan harus mendapat perhatian yang ketat dan tidak serta merta harus selalu ditambah sesuai kebutuhan di masyarakat karena ini menyangkut beban negara dalam APBN," ujarnya.

Halaman:

Editor: Ina Yatul Istikomah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah