Tatanan Normal Baru di Jawa Barat, Ridwan Kamil: Semua Harus Berbasis Data

- 27 Mei 2020, 14:15 WIB
GUBERNUR Jabar Ridwan Kamil mendampingi kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Summarecon Mall Bekasi, Kota Bekasi, Selasa 26 Mei 2020.

PIKIRAN RAKYAT BOGOR - Penyebaran wabah virus corona di Indonesia secara umum masih menunjukkan peningkatan yang ditandai masih terjadinya penambahan kasus di sejumlah wilayah setiap harinya.

Namun, ditengah masih terjadinya penyebaran virus tersebut, muncul wacana pemerintah terkait akan diterapkannya tatanan new normal.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat mendampingi kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) di Summarecon Mall Bekasi (SMB), Bekasi Utara, Kota Bekasi, Selasa 26 Mei 2020.

Baca Juga: Punya Stok Buah dan Sayuran Berlebih namun Bingung mengawetkannya? 5 Cara ini Bisa Jadi Solusi

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi menuturkan bahwa menuju sebuah tatanan normal baru perlu melihat data dan fakta di lapangan.

Diantaranya yakni angka basic Reproduction-number atau Angka Reproduksi Dasar (R0 dibaca R-naught) penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID-19.

“Bagaimana kurva R0-nya seperti di Bekasi ini sudah di bawah 1, sudah bagus. Dan kita harapkan agar di Jawa Barat, di Bekasi khususnya, terus ditekan agar R0-nya ada di bawah 1,” ucap Presiden.

Baca Juga: Sejumlah Penjara El Salvador Resmi Diisolasi Ketat Usai Puluhan Narapidana Positif Terinfeksi Corona

Presiden juga meminta TNI/Polri melakukan pengawasan di tempat keramaian warga dalam proses adaptasi terhadap tatanan normal baru ini.

Halaman:

Editor: Miftah Hadi Sopyan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X