Bunda Ingat-ingat ya! Sekarang Beli Beras di Indomaret hingga Alfamart Dibatasi 10 Kg Saja

- 13 Februari 2024, 09:00 WIB
Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengungkapkan alasan pembelian beras di toko ritel, seperti Alfamart hingga Indomaret dibatasi maksimal 10 kilogram.
Badan Pangan Nasional (Bapanas) mengungkapkan alasan pembelian beras di toko ritel, seperti Alfamart hingga Indomaret dibatasi maksimal 10 kilogram. /Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi

PEMBRITA BOGOR - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan pembatasan pembelian beras yang diberlakukan di sejumlah ritel modern seperti Indomaret hingga Alfamat adalah demi pemerataan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Pembatasan pembelian ini dari dulu dari beberapa bulan lalu, itu sudah diterapkan sejak tahun lalu. Kenapa dibatasi dua pak total 10 kilogram (kg)? Itu supaya distribusinya merata, kalau di rumah tangga (konsumsi) berasnya 5-10 kg, itu tentunya sudah cukup," kata Arief dikutip dari ANTARA, Selasa, 13 Februari 2024.

Dia menanggapi terkait pembatasan pembelian beras di sejumlah ritel. Menurutnya, pembatasan pembelian beras di ritel modern hingga maksimal 10 kg diperlukan demi pemerataan dan ketersediaan beras.

"Pembatasan (pembelian beras) di ritel itu demi pemerataan," ucap Arief.

Arief mengaku bahwa pihaknya terus mempersiapkan cadangan pangan pemerintah (CPP). Karena, lanjut Arief, jika Bulog tidak memiliki CPP akan sangat bahaya bagi kebutuhan pangan masyarakat.

Diterapkan Sejak Oktober 2023

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi meninjau harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Senin (12/2/2024).
Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi meninjau harga beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta, Senin (12/2/2024). /Foto: ANTARA

Arief menuturkan pembatasan pembelian beras di ritel sudah diinisiasi sejak Oktober 2023, terutama pada pembelian beras program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Menurutnya, hal tersebut agar mendorong masyarakat untuk dapat berbelanja bijak sesuai dengan kebutuhan dan memastikan masyarakat secara luas tidak belanja beras berlebihan melebihi kebutuhan normal.

Baca Juga: Baru Awal Februari 2024, Harga Beras di Pasar Kota Bogor Sudah Naik Lagi, Tembus Rp17.000 per Kilogram

Halaman:

Editor: Khairul Anwar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x