Perlu Dicatat! Bansos dari Pemerintah Direncanakan Akan Disalurkan pada Awal Januari 2021

- 29 Desember 2020, 17:32 WIB
Ilustrasi bantuan sosial dari pemerintah.
Ilustrasi bantuan sosial dari pemerintah. /Pixabay/Eko Anug

PR BOGOR - Bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah dikabarkan akan serentak dilakukan mulai awal Januari 2021 mendatang.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy melalui siaran pers di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 29 Desember 2020.

Penyaluran bantuan ini dilakukan guna memperkuat daya beli dan meningkatkan konsumsi masyarakat serta mempercepat pemulihan ekonomi.

Baca Juga: Profil Singkat MYD, Pemeran Pria dalam Video Syur Bersama Gisel yang Beredar di Medsos

“Rencana pemberian bantuan akan dimulai secara serempak pada awal Januari. Pada awal Januari nanti kita harapkan keluarga penerima manfaat akan sudah bisa mendapatkan bantuan langsung, baik itu yang disalurkan melalui PT Pos maupun melalui bank-bank yang ditunjuk oleh pemerintah (bank himbara),” ujarnya sebagaimana dikutip PRBogor.com dari laman Sekretariat Kabinet.

Seluruh bank himbara (himpunan bank milik negara) pun diimbau segera meminta para penerima manfaat mencairkan dana yang telah diberikan.

“Ketika dana sudah masuk di rekening mereka harus segera diminta untuk diambil, tidak boleh ditahan karena ini adalah digunakan untuk memperkuat daya beli, untuk meningkatkan konsumsi rumah tangga, agar mereka betul-betul bisa terhindar dari dampak buruk dari Covid-19 ini sekaligus untuk mempercepat pemulihan ekonomi,” kata dia.

Baca Juga: Meski Hakim Cabut SP3, Kasus Chat Mesum Rizieq Shihab dengan Firza Husein Dilanjutkan Lagi

Muhadjir Effendy mengimbau kepada penerima manfaat agar mematuhi pedoman yang telah diterbitkan oleh Kementerian Sosial dalam penggunaan bantuan yang diberikan.

Antara lain untuk memenuhi kebutuhan yang berkaitan dengan masalah pangan.

Halaman:

Editor: Bayu Nurullah

Sumber: Sekretariat Kabinet


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x