Wajib Tahu! Ini 5 Makanan yang Ampuh Kurangi Kadar Kolesterol Sehabis Lebaran 2024

- 11 April 2024, 12:00 WIB
Ilustrasi hidangan khas Lebaran, opor ayam. Salah satu hidangan yang mengandung kolesterol tinggi.
Ilustrasi hidangan khas Lebaran, opor ayam. Salah satu hidangan yang mengandung kolesterol tinggi. /Foto: Pexels/Juan Anatama/

PEMBRITA BOGOR - Tingginya konsumsi makanan Lebaran kerap menjadi momok bagi kesehatan Anda. Kombinasi makanan kaya lemak dan karbohidrat sederhana bisa menjadi pemicu meningkatnya kadar lemak tubuh, trigliserida, dan kolesterol dalam darah.

Ini disebabkan karena tubuh akan bekerja lebih keras untuk mencerna dan mengolah lemak tersebut, sehingga meningkatkan produksi kolesterol LDL atau yang dikenal sebagai kolesterol jahat.

Para peneliti telah menemukan solusi mutakhir untuk menanggulangi lonjakan kolesterol pasca perayaan Lebaran. Bagaimana caranya?

Simak beberapa makanan yang membantu Anda menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh setelah Lebaran 2024. Apa saja?

5 Makanan Penurun Kadar Kolesterol Sehabis Lebaran

Kolesterol bisa dikurangi dengan mengonsumsi makanan tertentu yang terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol. 

Di antaranya adalah ikan berlemak tinggi Omega-3 seperti salmon, tuna, atau makarel. Kandungan Omega-3 dalam ikan tersebut terbukti efektif dalam meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Selain ikan berlemak, biji-bijian juga menjadi pilihan yang tepat. Oatmeal dan sereal gandum utuh tinggi serat larut yang membantu menurunkan kadar kolesterol total. 

Buah-buahan dan sayuran seperti apel, jeruk, stroberi, wortel, bayam, dan brokoli juga dianjurkan karena kaya akan serat, vitamin, dan antioksidan yang membantu menurunkan kolesterol.

Tak hanya itu, kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang lainnya mengandung lemak sehat, serat, dan antioksidan yang dapat membantu menurunkan kolesterol. 

Halaman:

Editor: Muhammad Rizky Suryana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler