Asyik! Pertamina Pastikan BBM Tidak Naik Jelang Lebaran 2024, Pertamax Masih Rp12.000 per Liter

- 1 April 2024, 17:00 WIB
Ilustrasi - Pertamina pastikan BBM tidak naik jelang Lebaran 2024.
Ilustrasi - Pertamina pastikan BBM tidak naik jelang Lebaran 2024. /Foto: dok. Pertamina/

PEMBRITA BOGOR - PT Pertamina (Persero) mengeluarkan kebijakan terbaru terkait harga bahan bakar minyak (BBM) pada Senin, 1 April 2024. Dalam pengumuman tersebut, perusahaan pelat merah tersebut memutuskan untuk tidak melakukan kenaikan harga baik untuk BBM subsidi maupun non-subsidi.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, menjelaskan bahwa keputusan ini didasarkan pada Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM.

Dikutip dari ANTARA, Irto menegaskan, "Berdasarkan perhitungan evaluasi harga serta dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat pada Ramadhan dan Idul Fitri ini, maka manajemen memutuskan untuk tidak menaikkan harga di bulan April ini."

Harga BBM Terbaru Pertamina April 2024

Irto juga memberikan gambaran mengenai harga-harga BBM terbaru dari Pertamina. Ia menyebutkan bahwa harga Pertamax tetap dipasarkan dengan harga Rp12.950 per liter, sementara Pertamax Green 95 dijual dengan harga Rp13.900 per liter.

Untuk Pertamax Turbo, harga yang berlaku adalah Rp14.400 per liter, Dexlite Rp14.550 per liter, dan Pertamina Dex Rp15.100 per liter.

Ia menambahkan bahwa harga-harga tersebut berlaku untuk wilayah Jawa dan wilayah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen.

Sementara itu, untuk BBM subsidi, harga tetap dipertahankan seperti bulan sebelumnya. Pertalite masih dijual dengan harga Rp10.000, sedangkan Biosolar dijual dengan harga Rp6.800.

Irto menegaskan bahwa Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk memberikan harga BBM yang terbaik bagi masyarakat.

"Ini sebagai wujud Availability, Accessibility, Affordability, Acceptability, dan Sustainbility bagi masyarakat hingga pelosok negeri, jadi tidak hanya di kota besar," ucap Irto.

Halaman:

Editor: Muhammad Rizky Suryana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x