Kasus COVID-19 di Indonesia Masih Tinggi, Pemerintah Diminta Tak Gegabah Buka Kembali KBM di Sekolah

- 29 Mei 2020, 17:38 WIB
Siswa sekolah menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki lingkungan sekolah di SMP Al-Bayan Islamic School, Jakarta Barat Antara

PIKIRAN RAKYAT BOGOR - Jumlah kasus COVID-19 di Indonesia setiap harinya masih terus mengalami penambahan yang jumlahnya cukup signifikan.

Akan tetapi, seiring memasukinya era New Normal, pemerintah secara bertahap mengizinkan kembali masyarakat untuk bisa beraktivitas di luar rumah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada, termasuk di sektor pendidikan.

Namun, Irianto selaku Koordinator Komunitas Peduli Pendidikan Jawa Barat (Jabar) menyarankan agar pemerintah tidak terburu-buru membuka kembali Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah.

Baca Juga: PT KCI Keluarkan Sejumlah Aturan Baru Bagi Pengguna KRL Terkait Pemberlakuan Kebijakan New Normal

Pasalnya, sektor pendidikan adalah bagian penting Indonesia di masa mendatang sehingga perlu keputusan yang diambil harus dipikirkan secara matang dan penuh perhitungan.

“Jangan buru-buru memutuskan itu (membuka kembali sektor pendidikan-red), kalau pun misalnya new normal pendidikan tadi, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan dilakukan terlebih dahulu oleh pemerintah,” ucap Irianto seperti dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari PRFM pada Jumat, 29 Mei 2020.

Lebih lanjut, Irianto menegaskan pemerintah seharusnya lebih fokus mengembangkan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari pada membuka kembali KBM di sekolah di tengah kondisi COVID-19 yang masih mewabah di Indonesia.

Baca Juga: COVID-19, Pemberlakuan WFH Bagi ASN Diperpanjang Sampai 4 Juni 2020 Mendatang

“Lebih bagus menguatkan pembelajaran jarak jauh yang dilakukan sekarang. Ini pasti akan lebih berkembang dibanding tatap muka, cepat atau lambat ini digunakan sebagai alternatif pendidikan,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Miftah Hadi Sopyan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X