PT KCI Keluarkan Sejumlah Aturan Baru Bagi Pengguna KRL Terkait Pemberlakuan Kebijakan New Normal

- 29 Mei 2020, 17:25 WIB
Rangkaian KRL Commuterline melintas di samping Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Kamis 16 April 2020. - Foto: ANTARA FOTO/Paramayuda/aww.

PIKIRAN RAKYAT BOGOR - Di tengah masih mewabahnya virus corona di tanah air, kini pemerintah tengah gencar menggaungkan wacana pemberlakuan skema 'New Normal'.

Menurut keterangan Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto, sebanyak 7 provinsi dan 25 kabupaten/kota di Indonesia yang besar kemungkinan akan menerapkan kebijakan tersebut.

Demi mendukung upaya pemerintah tersebut, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan menyiapkan sejumlah kebijakan baru yang berlaku bagi petugas frontliner maupun bagi para pengguna Kereta Rel Listrik (KRL).

Baca Juga: COVID-19, Pemberlakuan WFH Bagi ASN Diperpanjang Sampai 4 Juni 2020 Mendatang

Dikutip dari situs resmi KCI oleh Pikiranrakyat-bekasi.com, kebijakan baru itu nantinya PT KCI tetap menjalankan protokol kesehatan pada moda transportasi publik, sebagaimana yang sudah berjalan selama ini.

Nantinya, semua pengguna KRL diwajibkan menggunakan masker selama berada di area stasiun maupun di dalam KRL, kemudian pengguna KRL juga akan dicek suhu tubuhnya serta penerapan physical distancing sesuai dengan marka-marka yang sudah terpampang di area stasiun dan di dalam kereta.

Pihak PT KCI juga akan melakukan penyekatan di sejumlah titik stasiun untuk semakin memungkinkan kondisi jaga jarak ini, pada waktu-waktu tertentu saat padat pengguna.

Baca Juga: Teori Konspirasi Soal COVID-19 Berseliweran, Peneliti Indonesia: Belum ada Dukungan Bukti yang Kuat

Bahkan, petugas juga akan memberlakukan sistem buka tutup pintu masuk stasiun apabila diperlukan.

Halaman:

Editor: Miftah Hadi Sopyan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X