2021 Indonesia Dilanda Bencana dari Gempa hingga Longsor, Jokowi Beri Pesan Khusus bagi Warga Sulbar

- 15 Januari 2021, 15:12 WIB
Presiden Joko Widodo sampaikan belasungkawa terhadap korban bencana longsor di Sumedang dan gempa bumi di Sulawesi Barat.
Presiden Joko Widodo sampaikan belasungkawa terhadap korban bencana longsor di Sumedang dan gempa bumi di Sulawesi Barat. /Tangkap Layar Youtube/Sekretariat Presiden

PR BOGOR - Melalui video singkat yang diunggah di Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan belasungkawa terhadap korban bencana tanah longsor di Jawa Barat dan gempa bumi di Sulawesi Barat.

Kabar yang diterimanya tadi pagi pada Jumat, 15 Januari 2021 atas gempa bumi berkekuatan 6,2 magnitudo di Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat membuatnya turut merasakan duka mendalam.

“Saya atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia menyampaikan duka yang mendalam atas korban yang meninggal dunia,” ujar Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: KPK Sita Semua Belanjaan Istri Edhy Prabowo saat Ikut Tugas Negara di Amerika, dari Baju hingga Tas

Ia mengatakan telah memerintahkan seluruh jajarannya bergegas melakukan upaya cepat tanggap darurat bencana.

“Tadi pagi saya juga bertelepon kepada Gubernur Sulawesi Barat dan saya juga telah memerintahkan kepada Kepala BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), kepada Menteri Sosial, kepada Kepala Basarnas (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan), dan Panglima TNI dan Kapolri beserta jajarannya, untuk segera melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, serta melakukan perawatan kepada korban yang luka-luka,” tuturnya.

Jokowi mengimbau kepada warga agar tetap tenang dan mematuhi petunjuk yang disampaikan petugas di lapangan.

Baca Juga: Hobi Mangkir dari Panggilan KPK, Ali Fikri Ingatkan Soal Sanksi Hukum pada Putra Rhoma Irama

Selain itu, ucapan dukacita mendalam juga disampaikan Jokowi untuk korban meninggal dunia pada bencana tanah longsor di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Ia menyebut, telah memerintahkan Kepala BNPB, Menteri Sosial, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar lekas melakukan relokasi warga terdampak bencana longsor tersebut.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: YouTube Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x