Arkeolog Spanyol Temukan Mumi Berusia 3.500 Tahun Berbalut Perhiasan Mahar Pengantin

- 4 Mei 2020, 20:10 WIB
ARKEOLOG Spanyol menemukan mumi yang ditutupi perhiasan mahar pengantin.* /Ministry of Tourism and Antiquities via Daily Mail

PIKIRAN RAKYAT BOGOR - Seorang arkeolog berkebangsaan Spanyol berhasil menemukan mumi seorang gadis remaja yang usianya diperkirakan 3.500 tahun di sebuah pemakaman dekat Kota Luzor, Mesir.

Berdasarkan hasil pengamatan sang arkeolog, mumi gadis remaja tersebut diduga meninggal ketika baru menginjak usia 15 atau 16 tahun.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Daily Mail, mumi itu tampak mengenakan dua anting spiral yang dilapisi tembaga di telinganya, dua cincin di jari-jari dan empat kalung di lehernya.

Baca Juga: Kehilangan Napsu Makan Jadi Indikasi Gejala Baru COVID-19, Simak Penjelasannya

Mumi gadis remaja tersebut ditemukan di dalam peti kayu berukuran 1,5 meter dengan keadaan dibungkus kain katun dan dalam kondisi konservasi yang buruk.

Gadis remaja itu diperkirakan memiliki tinggi 150 cm dan perhiasannya merupakan hadiah saat ia menikah. Kemudian, salah satu cincin yang digunakan terbuat dari tulang sedangkan cincin lainnya terbuat dari logam yang tertempel kaca berwarna biru.

Selanjutnya, ditemukan juga empat buah kalung yang dilapisi keramik dengan panjang tujuh hingga delapan meter.

Baca Juga: PSBB Resmi Diakhiri, Kota Bandung Tetap Ikuti Aturan PSBB Provinsi Jabar

Selain itu, sepasang sandal kulit dan bola yang diikat dengan tali juga ditemukan oleh arkeolog tersebut. Diperkirakan, bola menjadi permainan yang populer pada masa gadis remaja itu hidup.

Halaman:

Editor: Miftah Hadi Sopyan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X