Revitalisasi Keraton Surakarta Telan Anggaran Rp29 Miliar, Jadi Target Proyek Prioritas Gibran di Solo

- 23 Januari 2024, 18:30 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan proses revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta tetap berjalan. Gibran telah meminta izin kepada Keraton Surakarta untuk melanjutkan revitalisasi tersebut.
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan proses revitalisasi Keraton Kasunanan Surakarta tetap berjalan. Gibran telah meminta izin kepada Keraton Surakarta untuk melanjutkan revitalisasi tersebut. /Foto: ANTARA/Denik Apriyani

PEMBRITA BOGOR - Proyek prioritas Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yakni Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mulai direvitalisasi. Pengerjaan revitalisasi sudah dilakukan selama seminggu terakhir.

Perwakilan Keraton Kasunanan Surakarta KP Eddy Wirabhumi mengatakan, tahap awal revitalisasi ini menyasar ke dua kawasan keraton, yakni alun-alun utara dan selatan milik Keraton Surakarta. Revitalisasi dimulai dari Koridor Gladag hingga bangunan utama yang ada di alun-alun utara.

Sedangkan di bagian selatan, untuk revitalisasi dimulai di bagian utama alun-alun selatan dan sekitarnya, termasuk penataan pedagang kaki lima dan sebagainya.

"Kalau alun-alun utara dari Gladak tapi belum menyentuh lingkungannya, sedangkan di alun-alun selatan sudah termasuk lingkungannya," katanya di Solo, Jawa Tengah, Selasa, 23 Januari 2024.

Kegiatan Kebudayaan Berjalan Seperti Biasa

Operasional alat berat di kawasan alun-alun utara Keraton Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024).
Operasional alat berat di kawasan alun-alun utara Keraton Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024). /Foto: ANTARA/Aris Wasita

Selama revitalisasi dilakukan, lanjut Eddy, kegiatan adat keraton tetap terlaksana seperti biasa. Selain itu, para pedagang yang biasa berjualan di kawasan alun-alun untuk sementara waktu dipindahkan ke lokasi lain yang belum tersentuh oleh revitalisasi.

"Lokasi sementara akan kami siapkan, misalnya kalau sisi ini digarap, pedagang akan digeser ke sisi lain yang belum digarap dan seterusnya. Intinya jangan sampai revitalisasi ini mengganggu aktivitas ekonomi masyarakat," katanya.

Baca Juga: Ada Empat Proyek Nasional di Bogor, Target LRT Masuk ke Kota pun Bukan Lagi Wacana

Menurutnya, revitalisasi ini bagian dari upaya pemerintah dan keraton memberikan tempat yang lebih layak bagi para pedagang.

Halaman:

Editor: Khairul Anwar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x