Menteri Perdagangan Lepas Produk Ekspor UMKM Shopee Lewat Lokapasar ke Sembilan Negara

- 31 Agustus 2023, 18:00 WIB
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan melepas ekspor produk UMKM dari gudang ekspor Shopee di Cengkareng.
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan melepas ekspor produk UMKM dari gudang ekspor Shopee di Cengkareng. /Hubungan Masyarakat/Kemendag

PEMBRITA BOGOR - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas produk UMKM ke sembilan negara dari Gudang Ekspor Shopee di Kalideres, Jakarta Barat, Rabu 30 Agustus 2023. Produk UMKM akan dieskpor ke sembilan negara, yaitu Thailand, Singapura, Filipina, Malaysia, Taiwan, Chile, Brazil, Meksiko, dan Kolombia.

Zulhas mengungkapkan Malaysia merupakan negara tujuan ekspor terbanyak dan mengakui bahwa wajar jika ekspor paling banyak ke negara tersebut karena saat ini kebijakan perdagangan di ASEAN telah dipermudah, serta kawasan ini sudah bebas tarif.

"Kalau pesanan banyak ke Malaysia memang karena kebijakan-kebijakan kita sekarang sudah jalan tolnya di ASEAN dan ASEAN ini perdagangannya USD 600 juta. Thailand, Malaysia, Filipina memang meningkat," kata Zulhas.

Baca Juga: TransJakarta Operasikan 52 Bus Listrik untuk Bantu Pemprov Kurangi Polusi Udara Jakarta

Selanjutnya, Zulhas juga mengatakan gudang Shopee khusus ekspor telah membantu UMKM untuk menembus pasar manca negara. UMKM akan diberi pelatihan untuk memasarkan produk yang inovatif untuk menarik pasar luar negeri dengan bantuan e-commerce.

"Shopee membantu UMKM untuk memiliki akses pasar bukan hanya di Jakarta, Bandung Barat, Solo, tapi bisa mendunia. Ini yang harus ditata agar bisa ekspor, tidak kalah bersaing, dan tidak ada aturan yang fair," ungkapnya.

Kebijakan mengatur UMKM akan ditegaskan dalam Permendag No. 50 Tahun 2020 Tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, Dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Terkait aturan tersebut, pemerintah memerlukan masukan dari e-commerce untuk menyempurnakan aturan tersebut.

Baca Juga: KILAS BALIK: Toni Kroos Resmi Perpanjang Kontrak Bersama Real Madrid Hingga Juni 2024

Halaman:

Editor: Ina Yatul Istikomah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x