Jasa Marga Prediksi 1,87 Juta Kendaraan Pulang ke Jabodetabek pada Puncak Arus Balik Lebaran 2024

- 12 April 2024, 16:00 WIB
Ilustrasi arus balik Lebaran 2024.
Ilustrasi arus balik Lebaran 2024. /Foto: Antara/Aprillio Akbar

PEMBRITA BOGOR - Puncak Arus Balik Lebaran diperkirakan akan terjadi pada Senin, 15 April 2024 menurut prediksi Jasa Marga.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyampaikan bahwa jumlah kendaraan yang diprediksi akan kembali ke Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (Jabotabek) hingga 18 April 2024 melalui empat gerbang tol utama mencapai 1,87 juta kendaraan. 

Dari jumlah tersebut, sebanyak 1,06 juta kendaraan berasal dari arah Timur, 461.000 kendaraan dari arah Barat, dan 344.000 kendaraan dari arah Selatan atau Puncak.

Menhub Budi Karya Sumadi juga mengusulkan kebijakan work from home (WFH) pada 16 dan 17 April untuk mengurangi kepadatan arus balik.

Menurutnya, arus balik terjadi pada Minggu dan Senin, sehingga kebijakan WFH dapat memberikan kesempatan kepada para pekerja yang mudik Lebaran untuk kembali secara lebih fleksibel dan bekerja secara online selama dua hari.

Jasa Marga memberikan imbauan kepada pemudik agar kembali lebih cepat sebelum mencapai puncak arus balik.

Diskon Tarif Tol 20 Persen Masih Berlaku pada Arus Balik Lebaran 2024

Ilustrasi tol Cipali.
Ilustrasi tol Cipali. /Foto: dok. PT Jasa Marga

Subakti kemudian menjelaskan, "Bagi yang memiliki kelonggaran waktu, kami imbau untuk menggeser perjalanan sekaligus memanfaatkan potongan tarif tol 20 persen periode arus balik yang akan berlaku mulai Rabu, 17 April 2024."

Sementara itu, Budi Karya juga menyoroti perlunya pengaturan kebijakan yang tepat mengingat waktu arus balik yang lebih singkat dibanding arus mudik. 

Halaman:

Editor: Muhammad Rizky Suryana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah