Polisi: Pengemudi Lelah Sebabkan Kecelakaan Rosalia Indah di Tol Semarang-Batang

- 11 April 2024, 18:00 WIB
Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan di ruas Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah, Kamis, 11 April 2024.
Bus Rosalia Indah mengalami kecelakaan di ruas Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah, Kamis, 11 April 2024. /Foto: Humas Polda Jateng/

PEMBRITA BOGOR - Kecelakaan tunggal yang melibatkan bus Rosalia Indah di ruas Tol Semarang-Batang, Jawa Tengah pada Kamis, 11 April 2024 memakan tujuh korban jiwa, terdiri dari empat dewasa dan tiga anak-anak.

Menurut Kakorlantas Irjen Pol. Aan Suhanan, kecelakaan tersebut diduga disebabkan oleh kelelahan sopir bus yang mengalami microsleep saat mengemudi.

Ia menjelaskan, "Dugaan awal sudah lelah. Kemungkinan terjadi microsleep di TKP sehingga terjadi kecelakaan tunggal."

Dilaporkan bahwa bus tersebut sempat mengalami masalah teknis dan diganti di KM 227 ruas Tol Pejagalan-Palimanan sebelum kecelakaan terjadi.

Meskipun bus diganti, pengemudi tidak berganti. Kakorlantas Aan menyampaikan, "Sempat berganti kendaraan, namun pengemudi tidak diganti."

Daftar Kecelakaan Lalu Lintas Selama Bulan Ramadhan dan Lebaran 2024

Tragedi yang menimpa mobil Gran Max di Tol Cikampek KM 58 jadi salah satu di antara penyebab kecelakaan selama bulan Ramadhan dan Lebaran 2024.
Tragedi yang menimpa mobil Gran Max di Tol Cikampek KM 58 jadi salah satu di antara penyebab kecelakaan selama bulan Ramadhan dan Lebaran 2024. /Foto: ANTARA

Kecelakaan ini hanya sebagian kecil dari kejadian yang terjadi selama Operasi Ketupat 2024. Menurut data Polri, terdapat 199 kecelakaan lalu lintas di berbagai wilayah Indonesia selama periode tersebut.

Juru bicara Operasi Ketupat 2024, Kombes Pol. Harry Goldenhardt, mengungkapkan bahwa kecelakaan tersebut menimbulkan kerugian besar, baik dalam bentuk nyawa maupun materi.

Ia menjelaskan, "Dari 199 kejadian itu, 41 orang tewas, 41 luka berat, 271 luka ringan. Kecelakaan tersebut menimbulkan kerugian materil sebesar Rp558,8 juta."

Halaman:

Editor: Muhammad Rizky Suryana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah