Kereta Cepat Whoosh Diperpanjang Sampai Surabaya, Guru Besar UI: Jangan Hanya Pikirkan Aspek Bisnis Saja

- 5 Oktober 2023, 11:00 WIB
Jokowi resmikan Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Halim pada Senin, 2 Oktober 2023 lalu. Rencananya akan diperpanjang sampai Surabaya.
Jokowi resmikan Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Halim pada Senin, 2 Oktober 2023 lalu. Rencananya akan diperpanjang sampai Surabaya. /ANTARA FOTO

PEMBRITA BOGOR – Presiden Joko Widodo meresmikan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), yang dijuluki sebagai "Whoosh" karena kecepatannya pada Senin, 2 Oktober 2023.

Proyek ini diklaim sebagai kereta tercepat se-Asia Tenggara. Namun, pemerintah tidak berhenti di situ, mereka memiliki rencana untuk melanjutkan proyek Kereta Cepat hingga ke Surabaya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, mengungkapkan Presiden telah memerintahkan studi untuk kelanjutan proyek Kereta Cepat hingga Surabaya. Hal ini membuka pintu bagi perluasan jaringan kereta cepat yang sangat dinanti.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Bogor Terbaru 2023, Cocok untuk Liburan Keluarga

Rute yang direncanakan untuk Kereta Cepat Jakarta-Surabaya mencakup sejumlah kota penting. Menurut Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, panjang relnya diperkirakan sekitar 720 kilometer, sama dengan Kereta Api Jakarta-Surabaya.

Namun, waktu tempuhnya diperkirakan jauh lebih efisien, dari semula 9 jam menjadi sekitar 4 jam.

“Kami juga berencana, kereta cepat ini akan dihubungkan dengan sejumlah simpul transportasi, seperti Bandara Kertajati, yang diproyeksikan bila Tol Cisumdawu telah selesai, maka Bandara Kertajati akan semakin ramai,” ujarnya.

Baca Juga: Resep Pisang Goreng Crispy, Nikmat Dihidangkan Pagi dan Sore Hari

Halaman:

Editor: Muhammad Rizky Suryana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah