Astagfirullah! Diterpa Angin Kencang, 30 Lebih Rumah di Sukamakmur Bogor Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

- 19 April 2024, 23:30 WIB
Rumah warga mengalami kerusakan akibat bencana angin kencang di Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Rumah warga mengalami kerusakan akibat bencana angin kencang di Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. /Foto: dok. BPBD Kabupaten Bogor

PEMBRITA BOGOR - Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan puluhan rumah rusak di Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mengatakan peristiwa itu terjadi pada Kamis sore, 17 April 2024. Dilaporkan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian tersebut.

"Dikarenakan hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang sehingga mengakibatkan pohon tumbang di beberapa titik yang menimpa rumah milik warga," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor M Adam Hamdani, dilansir ANTARA, Jumat, 19 April 2024.

Pihaknya mencatat ada 38 rumah di Kecamatan Sukamakmur rusak akibat diterjang angin kencang. Dengan rincian, 37 rumah rusak ringan dan satu rusak berat.

Proses evakuasi yang dilakukan Tim Redaksi Cepat BPBD Kabupaten Bogor berjalan lancar, adapun pohon-pohon tumbang yang menimpa rumah warga di wilayah Sukamakmur sudah berhasil disingkirkan.

"Sebagian rumah yang terdampak sudah diperbaiki oleh pemiliknya. Ini perlu penanganan lebih lanjut dari dinas terkait," ucap Adam.

Langkah Pemerintah Kabupaten Bogor

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. /Foto: ANTARA/M Fikri Setiawan

Terpisah, Penjabat (Pj) Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengimbau warga untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dikarenakan cuaca ekstrem masih terjadi pada beberapa hari terakhir di Kabupaten Bogor.

"Pernah saya mendapat laporan, dari 360 hari kalau dirata-ratakan tidak lebih dari 10 hari tidak terjadi bencana. Itu harus menjadi perhatian kita bersama," ujarnya.

Halaman:

Editor: Khairul Anwar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah