PPDB DKI 2024 untuk SD Mulai Dibuka, Pendaftar Wajib Punya KK Domisili Jakarta

- 20 Mei 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi PPDB DKI 2024.
Ilustrasi PPDB DKI 2024. /Foto: Indrianto Eko Suwarso/ANTARA

PEMBRITA BOGOR - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mulai Senin, 20 Mei 2024.

Pelaksanaan pendaftaran ini dilakukan secara online untuk siswa dari tingkat pendidikan dasar hingga menengah atas.

Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Budi Awaludin, mengungkapkan bahwa pendaftaran akun telah dimulai pada 20 Mei hingga 27 Mei, sementara proses PPDB akan berlangsung mulai 10 Juni hingga 4 Juli 2024.

Dalam konferensi pers di Kantor Disdik DKI, Budi Awaludin menyampaikan bahwa proses pendaftaran hari ini khusus untuk sekolah dasar (SD).

Kemudian, pendaftaran untuk SMP akan dibuka pada 27 Mei, dan untuk SMK serta SMA akan dibuka pada 3 Juni. Yang menarik, pendaftaran tahun ini dilakukan secara online, berbeda dengan tahun sebelumnya.

Budi juga menegaskan persyaratan untuk mendaftar dalam PPDB, "CPDB adalah penduduk DKI Jakarta yang dibuktikan dengan kartu keluarga dan berdomisili di DKI. Jadi yang tidak berdomisili di DKI Jakarta mohon maaf, ya walaupun ber-KTP di DKI Jakarta ini tidak bisa untuk mendaftar."

Daya Tampung PPDB DKI Jakarta 2024

Lebih lanjut, Budi menjelaskan tentang daya tampung siswa di berbagai tingkat pendidikan. Siswa SD memiliki daya tampung yang masih memadai, yaitu 95.673 kursi.

Sementara itu, tingkat SMP dan SMA negeri memiliki daya tampung yang terbatas dibandingkan dengan jumlah pendaftar.

"SMP di angka 71 ribu dan CPDB-nya 151 ribu atau di angka 47 persen. Sedangkan SMA, daya tampungnya hanya di 20.130 dan CPDB-nya ada di angka 39.141 atau lebih 35 persen," ujarnya.

Halaman:

Editor: Muhammad Rizky Suryana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah