Apakah Kaesang Bisa Maju di Pilkada 2024 Meski Berusia 29 Tahun? Begini Kata PSI

- 15 Mei 2024, 14:00 WIB
Ketum PSI Kaesang Pangarep.
Ketum PSI Kaesang Pangarep. /Foto: Pikiran Rakyat/Boy Darmawan

PEMBRITA BOGOR - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep masih berumur 29 tahun. Namun, masyarakat bertanya apakah Kaesang sudah bisa mengikuti Pilkada Serentak 2024?

Menurut Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Kaesang dianggap sudah memenuhi syarat usia untuk mencalonkan diri dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) sebagai bupati atau wali kota.

"Kalau gubernur, provinsi yang belum cukup. Kalau level kabupaten/kota sudah bisa. Dia sekitar 29 atau 30 (tahun)," ujar Grace di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 15 Mei 2024.

Grace menyambut baik aspirasi dari masyarakat dan relawan yang ingin mencalonkan putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut untuk berkontestasi menjadi bakal calon Wali Kota Bekasi dalam Pilkada serentak pada November mendatang.

Dia juga menyebut bahwa ada relawan yang sudah mengambil formulir penjaringan bakal calon Wali Kota Bekasi, meskipun Kaesang sendiri belum melakukan pendaftaran.

Berdasarkan informasi dari DPP PSI, hingga saat ini Kaesang belum mengambil langkah formal untuk mencalonkan diri sebagai wali kota.

Meskipun begitu, Grace menghargai dorongan dan antusiasme masyarakat yang tinggi terhadap pencalonan Ketua PSI tersebut di Pilkada 2024.

"Begitu ada yang ambil formulir aja, meskipun itu relawan, yang tidak berkoordinasi dengan DPP, ternyata antusiasme warga sudah tinggi mengharapkan Mas Kaesang ikut nyalonin," kata Grace.

Bagaimana Aturan Batas Usia di Pilkada 2024?

Menurut Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, syarat usia minimal untuk calon gubernur adalah 30 tahun, sedangkan untuk calon bupati dan wali kota adalah 25 tahun.

Halaman:

Editor: Muhammad Rizky Suryana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah