Apakah Ada Ganjil-Genap saat Libur Waisak 2024? Begini Kata Dishub

- 14 Mei 2024, 17:00 WIB
Ilustrasi ganjil genap. Berikut penjelasan aturan ganjil genap selama Libur Waisak 2024.
Ilustrasi ganjil genap. Berikut penjelasan aturan ganjil genap selama Libur Waisak 2024. /Foto: dok. Satlantas Polres Bogor

PEMBRITA BOGOR - Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, tanggal 23 dan 24 Mei 2024 telah ditetapkan sebagai hari libur nasional dan cuti bersama dalam rangka peringatan Hari Raya Waisak 2568 BE/2024 M. Lalu, bagaimana aturan ganjil genap di Jakarta pada kedua tanggal tersebut?

Secara umum, aturan ganjil genap di Jakarta diberlakukan untuk membatasi jumlah kendaraan yang melintas dan mengurangi kepadatan lalu lintas.

Aturan ini menyatakan bahwa mobil dengan plat nomor belakang genap hanya boleh melintas pada tanggal genap, sedangkan mobil dengan plat nomor belakang ganjil diizinkan melintas pada tanggal ganjil.

Untuk kendaraan dengan plat nomor belakang 0, ini dianggap sebagai golongan genap. Hal ini karena angka 0 dihitung selang-seling dengan angka 1 yang termasuk golongan ganjil.

Apakah Ada Ganjil-Genap saat Libur Waisak?

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta telah mengumumkan bahwa kebijakan ganjil genap di Jakarta akan ditiadakan pada tanggal 23 dan 24 Mei 2024.

Kebijakan ini diambil sehubungan dengan libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Waisak yang jatuh pada tanggal tersebut.

Hal ini merujuk pada SKB Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2024, serta Pergub 88 Tahun 2019 Pasal 3 Ayat (3) yang menyatakan bahwa pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap tidak diberlakukan pada hari Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional yang ditetapkan dengan Keputusan Presiden.

Hari Raya Waisak yang diperingati setiap tahun telah ditetapkan sebagai hari libur nasional sejak Keputusan Presiden Indonesia Nomor 3 Tahun 1983 tanggal 19 Januari 1983. Pada tahun 2024, Hari Raya Waisak jatuh pada hari Kamis, 23 Mei 2024.

Berdasarkan SKB 3 Menteri tersebut dan kalender Masehi, libur nasional dan cuti bersama Hari Raya Waisak 2024 bertepatan dengan akhir pekan.

Halaman:

Editor: Muhammad Rizky Suryana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah