Sistem Pelayanan BPJS Kesehatan Bakal Berubah Jadi KRIS, Segini Besaran Iurannya

- 14 Mei 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi kartu BPJS Kesehatan.
Ilustrasi kartu BPJS Kesehatan. /Foto: Ferliansyah/ANTARA

PEMBRITA BOGOR - Sistem pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dirombak total melalui Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2024. Sistem kelas 1, 2, dan 3 pada pelayanan BPJS Kesehatan dihapuskan dan digantikan dengan Kelas Rawat Inap Standar (KRIS).

KRIS ditetapkan sebagai standar minimum pelayanan rawat inap yang harus diterima oleh peserta BPJS Kesehatan, sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden yang ditandatangani pada 8 Mei 2024.

Fasilitas yang harus dipenuhi meliputi ventilasi udara, pencahayaan ruangan, kelengkapan tempat tidur, dan ketersediaan kamar mandi yang memenuhi standar aksesibilitas.

Meskipun begitu, tidak semua jenis pelayanan rawat inap akan berdampak setelah adanya KRIS.

Adapun pelayanan untuk bayi, perawatan intensif, pelayanan rawat inap pasien jiwa, dan ruang perawatan dengan fasilitas khusus tetap tidak termasuk dalam kriteria KRIS.

Penerapan KRIS di lapangan rencananya akan dilakukan secara bertahap dan harus sudah diterapkan paling lambat pada 30 Juni 2025.

Berapa Besaran Iuran KRIS BPJS Kesehatan?

Ilustrasi BPJS Kesehatan.
Ilustrasi BPJS Kesehatan. /Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Besaran iuran KRIS BPJS Kesehatan masih harus dirumuskan terlebih dahulu. Sebab, proses penentuan iuran KRIS melibatkan berbagai pihak, termasuk BPJS Kesehatan, Kementerian Keuangan, dan asosiasi rumah sakit.

BPJS Kesehatan juga menargetkan agar besaran iuran KRIS dapat diumumkan paling lambat tiga bulan sebelum pemberlakuan sistem tersebut, yaitu pada April 2025.

Halaman:

Editor: Muhammad Rizky Suryana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah