Respons Kecelakan Bus Maut Ciater, Pemkot Bogor Keluarkan Surat Edaran Kegiatan Luar Sekolah

- 13 Mei 2024, 18:00 WIB
Hery Antasari, Pj Wali Kota Bogor yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat mengeluarkan surat edaran berisi aturan kegiatan luar sekolah di Bogor.
Hery Antasari, Pj Wali Kota Bogor yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat mengeluarkan surat edaran berisi aturan kegiatan luar sekolah di Bogor. /Foto: Rio Ryzki Batee/Galamedia

PEMBRITA BOGOR - Pemerintah Kota Bogor mengeluarkan edaran terkait pelaksanaan outing class setelah kecelakaan bus pariwisata SMK Lingga Kencana yang menewaskan 11 orang di Kecamatan Ciater, Subang.

Surat edaran tersebut, dengan nomor 100.3.4/2016-Adbang yang ditandatangani oleh Pejabat (Pj) Wali Kota Bogor Hery Antasari, memberikan panduan kepada kepala sekolah di Kota Bogor terkait kegiatan pembelajaran di luar kelas.

Dalam surat tersebut, ditekankan bahwa outing class harus dilakukan sebagai strategi pembelajaran yang membantu perkembangan anak melalui pembelajaran di luar ruangan kelas, bukan sebagai kegiatan tamasya atau wisata.

Poin pertama dari surat edaran tersebut menegaskan bahwa outing class harus difokuskan sebagai sarana pembelajaran yang mendukung perkembangan siswa.

Kegiatan tersebut diharapkan dilaksanakan di dalam kota, dengan kunjungan ke destinasi wisata edukatif lokal demi keamanan dan manfaat bagi siswa dan guru.

Selain itu, bagi sekolah yang merencanakan study tour ke luar kota, harus tetap memperhatikan aspek kemanfaatan, keamanan, dan mendapatkan rekomendasi dari Dinas Perhubungan Kota Bogor terkait kelayakan teknis kendaraan.

Pemkot Depok Evaluasi Kegiatan Luar Sekolah Pasca Kecelakaan Bus Maut Ciater

Petugas kepolisian mengevakuasi korban kecelakaan bus pariwisata di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu, 11 Mei 2024.
Petugas kepolisian mengevakuasi korban kecelakaan bus pariwisata di Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu, 11 Mei 2024. /Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi

Sebelumnya, pada Minggu, 12 Mei 2024, Pemerintah Kota Depok melalui Wakil Wali Kota Imam Budi Hartono, tengah melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kegiatan di luar sekolah setelah kecelakaan tragis di Subang.

Imam Budi menegaskan bahwa Pemkot akan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat untuk mengawasi kegiatan di sekolah menengah pertama dan sekolah menengah kejuruan.

Halaman:

Editor: Muhammad Rizky Suryana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah