Antisipasi Arus Balik, Polres Bogor Terapkan Sistem One Way dari Kawasan Puncak ke Jakarta

- 14 April 2024, 14:00 WIB
Polisi mulai menerapkan one way ke arah Jakarta dari kawasan Puncak, Jawa Barat, Minggu (14/4/2024).
Polisi mulai menerapkan one way ke arah Jakarta dari kawasan Puncak, Jawa Barat, Minggu (14/4/2024). /Foto: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

PEMBRITA BOGOR - Kepolisian Resor (Polres) Cianjur dan Polres Bogor Jawa Barat mulai menerapkan sistem rekayasa lalu lintas arus satu arah atau one way dari kawasan Puncak ke arah Jakarta pada Minggu atau H+3 Lebaran 2024. 

Penerapan sistem ini dilakukan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas selama libur Lebaran. Kasatlantas Polres Cianjur AKP Anjar Maulana berkata, "Jadi kita di sini menunggu dulu, mendorong kendaraan dari arah bawah (Bogor) dulu."

Dengan sistem one way tersebut, arus kendaraan dari Bogor atau dari arah Jakarta tidak ada lagi yang bisa melaju ke Puncak, khususnya kendaraan roda empat. Namun, kendaraan roda dua masih diperkenankan untuk melaju ke arah Puncak namun hanya menggunakan sisi bahu jalan. 

Meskipun demikian, proses penerapan sistem ini tidak terjadi tanpa hambatan. Saat one way diterapkan, arus dari arah Cianjur mengalami kepadatan sekitar 20 menit karena mobil-mobil yang mulai mengisi kedua jalur.

Sebelumnya, Polres Bogor juga telah menerapkan sistem one way bagi kendaraan dari arah Jakarta yang mengarah ke Puncak. Sistem tersebut diterapkan sejak pagi hingga siang hari. 

Menurut Polda Jawa Barat, jalur wisata Puncak pada momen libur Lebaran tidak hanya dilintasi oleh masyarakat yang ingin berwisata, tetapi juga oleh masyarakat umum pengguna jalan.

Sistem One Way dari Puncak ke Jakarta Juga Diterapkan

Pada Sabtu, 13 April 2024 atau H+3 Lebaran 2024, sistem one way untuk arus balik dari Puncak ke arah Jakarta juga diterapkan. 

Rekayasa lalu lintas ini digunakan untuk mengurai kepadatan kendaraan arus balik maupun arus wisata. Polda Jawa Barat kemudian menyatakan bahwa penerapan sistem ini menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi kemacetan yang biasa terjadi selama libur Lebaran.

Selain itu, dalam upaya mengoptimalkan penerapan sistem one way, Polres Cianjur dan Polres Bogor juga melakukan koordinasi dengan instansi terkait serta memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mematuhi aturan lalu lintas demi kelancaran perjalanan.

Halaman:

Editor: Muhammad Rizky Suryana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah