Alat Berat Tak Bisa Masuk, Proses Pencarian 4 Korban Tanah Longsor di Empang Bogor Dilakukan Secara Manual

- 16 Maret 2023, 15:50 WIB
Sejumlah petugas gabungan melakukan pencarian secara manual korban tanah longsor di Kampung Sirnasari RT 07/RW 04, Kelurahan Empang, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/3/2023).
Sejumlah petugas gabungan melakukan pencarian secara manual korban tanah longsor di Kampung Sirnasari RT 07/RW 04, Kelurahan Empang, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/3/2023). /Arif Firmansyah/ANTARA FOTO

PEMBRITA BOGOR - Tim SAR gabungan masih melanjutkan proses pencarian terhadap empat korban yang tertimbun longsor di Kampung Sirnasari RT 07/RW 04, Kelurahan Empang, Kota Bogor, Jawa Barat. Pencarian dilakukan secara manual karena tidak ada akses masuk bagi alat berat.

Baca Juga: Pemkot Bogor Siapkan Rusun untuk Korban Longsor yang Rumahnya Rusak

Tim SAR gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, unsur pemerintah, dan Basarnas melanjutkan kembali proses evakuasi yang sempat dihentikan imbas cuaca.

"Semoga cuaca yang cerah ini berlanjut sampai sore sehingga kita dapat hasil maksimal," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Teofilo Patrocinio Freitas kepada wartawan, Kamis, 16 Maret 2023. 

Proses pencarian korban tertimbun longsoran tanah, kata dia, masih dilakukan secara manual tanpa bantuan alat berat. Namun sudah difokuskan di titik tertentu.

Baca Juga: Ramadhan Sebentar Lagi, Harga Telur hingga Ayam Potong di Bekasi Sudah Mulai Naik

"Masih dilakukan secara manual, temen-temen melihat di sini bahwa kondisi lokasi tidak bisa diakses oleh kendaraan besar sehingga pencarian dilakukan manual. Itu yang menjadi hambatan kita karena ketebalan material longsor yang ada," katanya. 

Di sisi lain, petugas belum mengerahkan anjing pelacak karena kondisi material yang tidak mendukung dan dinilai kurang efektif.

"Kemarin arahan dari Pak Kapolresta dengan Kasat Intel sudah berkoordinasi. Cuma, sarannya dari teman-teman di lapangan saat ini untuk menurunkan K9 kurang efektif. Kita sih berharap hari ini sudah ditemukan (korban). Kalau memang belum, nanti dengan berkurangnya material. mungkin bisa ditindak lanjuti dengan K9," ucapnya. 

Halaman:

Editor: Khairul Anwar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x