WNI dari Wuhan Disemprot Disinfektan, Pemerintah Sebut Sesuai SOP

- 6 April 2020, 08:14 WIB
PETUGAS medis menyemprotkan cairan disinfektan pada Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, Tiongkok setibanya di Bandara Hang Nadim, Batam, untuk bertolak ke Pulau Natuna.* ANTARA FOTO

PIKIRAN RAKYAT BOGOR - Kota Wuhan dalam beberapa bulan kebelakang menjadi perbincangan hangat di kancang Internasional karena di duga menjadi epicentrum penyebaran virus corona.

Upaya yang dilakukan pemerintah Indonesia terkait hal tersebut adalah berusaha untuk memulangkan kembali seluruh WNI yang ada di kota Wuhan ke tanah air.

Pemerintah pernah menyemprotkan langsung cairan disinfektan ke tubuh para WNI yang baru mendarat dari Wuhan, Tiongkok.

Baca Juga: Penerapan Physical Distancing, Siapkah Ruang Gerak Masyarakat Dibatasi

Berdasarkan bukti foto-foto jurnalis yang sudah dirilis, para WNI ini disemprotkan cairan disinfektan ke seluruh tubuh bahkan hingga terkena bagian wajah, Februari 2020 lalu.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan mengklaim bahwa penyemprotan tersebut sudah sesuai dengan SOP, namun hal ini justru mengundang kritik dari media asing dan negara lain.

Wiku Adisasmito selaku Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan Percepatan COVID-19 mengatakan memang penyemprotan tersebut ampuh membasmi virus corona.

Baca Juga: Sembuh dari Virus Corona, Walikota Bogor Kembali Tampil ke Publik

Namun perlu menjadi perhatian agar masyarakat tidak menyeprotkan secara langsung cairan disinfektan ke bagian tubuh.

Halaman:

Editor: Miftah Hadi Sopyan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X