Mau Daftar PPDB Jabar 2024 Tingkat SMA dan SMK? Ini Syarat-syaratnya

- 20 Mei 2024, 20:10 WIB
Ilustrasi PPDB.
Ilustrasi PPDB. /Foto: M Agung Rajasa/Antara

PEMBRITA BOGOR - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Jawa Barat untuk jenjang SMA dan SMK akan segera dimulai pada bulan Juni mendatang.

Adapun pendaftaran tahap pertama akan berlangsung dari tanggal 3 hingga 7 Juni 2024. Selain itu, untuk jenjang Sekolah Luar Biasa (SLB), PPDB tidak menyediakan jalur khusus.

Bagi calon peserta didik yang ingin mendaftar, terdapat beberapa dokumen yang harus dipersiapkan sesuai dengan syarat umum dan syarat khusus yang telah ditetapkan oleh PPDB Jabar 2024.

Syarat Umum PPDB Jabar 2024

Pertama, calon siswa wajib memiliki ijazah SMP atau surat keterangan yang setara dengan ijazah SMP, seperti paket B atau ijazah dari satuan pendidikan luar negeri yang diakui setara oleh pemerintah.

Jika ijazah belum terbit, calon siswa dapat menggunakan surat keterangan telah menyelesaikan program pendidikan atau kartu peserta ujian sekolah.

Kedua, calon siswa harus melampirkan akta kelahiran atau kartu identitas anak dengan batas usia maksimal 21 tahun per 1 Juli tahun berjalan dan belum menikah. Selain itu, fotokopi KTP orang tua juga harus disertakan.

Untuk calon peserta didik baru penyandang disabilitas, terdapat pengecualian dari syarat batas usia dan ijazah atau dokumen kelulusan lainnya, kecuali jika ingin melanjutkan ke SMPLB atau SMALB. Mereka harus menyertakan ijazah SDLB atau SMPLB.

Selain itu, orang tua calon siswa juga harus melampirkan dokumen surat tanggung jawab mutlak atau pakta integritas yang berisi data asli calon siswa.

Surat ini harus dibubuhi meterai dan ditandatangani oleh orang tua. Format surat ini bisa diunduh dari situs resmi PPDB Jabar.

Halaman:

Editor: Muhammad Rizky Suryana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah