Fakta-fakta Menarik Masjid Raya Al Jabbar, Ternyata Ada Wisata Religi Museum Nabi Muhammad SAW

- 1 Maret 2024, 10:00 WIB
Masjid Al Jabbar di Gedebage, Bandung, Jawa Barat. Memiliki wisata religi sejarah Nabi Muhammad SAW.
Masjid Al Jabbar di Gedebage, Bandung, Jawa Barat. Memiliki wisata religi sejarah Nabi Muhammad SAW. /Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi

PEMBRITA BOGOR - Masjid Al Jabbar di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat diresmikan pada 30 Desember 2022. Masjid hasil rancangan Ridwan Kamil ini memiliki desain arsitektur yang megah dan unik. Al Jabbar langsung jadi ikon baru serta kebanggaan masyarakat Jawa Barat.

Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid Al Jabbar juga merupakan destinasi wisata religi dan edukasi sejarah agama Islam di dunia. Salah satunya terdapat musem Nabi Muhammad SAW.

Sebelumnya, pembangunan masjid Al Jabbar memakan waktu selama hampir tujuh tahun. Selain itu, terdapat beberapa fakta masjid Al Jabbar yang menarik untuk diketahui. Fakta nasjid Al Jabbar yang umum diketahui orang-orang adalah desainnya dirancang oleh Ridwan Kamil. Berikut beberapa fakta menarik masjid Al Jabbar, seperti dilansir berbagai sumber.

Fakta Masjid Al Jabbar Bandung

Sejumlah wisatawan luar kota di sekitar Masjid Raya Al Jabbar Kota Bandung untuk mengisi waktu libur saat Hari Raya Idul Fitri 1444 H.
Sejumlah wisatawan luar kota di sekitar Masjid Raya Al Jabbar Kota Bandung untuk mengisi waktu libur saat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. /Foto: ANTARA/Ajat Sudrajat

1. Filosofi Masjid Al Jabbar

Masjid yang disebut terbesar di Provinsi Jawa Barat ini mengusung filosofi Asmaul Husna Al Jabbar seperti namanya. Masjid Al Jabbar adalah salah satu nama dari asmaul husna yang dituliskan di bagian mihrab masjid. Arti Al Jabbar adalah agung.

Baca Juga: Melihat Lebih Dekat Keindahan Masjid Al Jabbar, Mahakarya dari Jawa Barat untuk Indonesia

"Bukan kebetulan, masjid ini memiliki latar belakang matematis (Aljabar atau Al Jabbar), dan juga Jabbar, bisa dikaitkan dengan singkatan dari Jawa Barat. Mari, kita makmurkan masjid ini," kata Ridwan Kamil dalam pidato peresmian masjid tersebut.

Terdapat 27 pintu yang menyimbolkan 27 kabupaten dan kota se-Jawa Barat yang disimbolkan oleh desain batik setiap Kota dan Kabupatennya.

Halaman:

Editor: Ina Yatul Istikomah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah