Aktivitas Berkendara Turun 82 Persen, Kota Bandung Jadi Daerah Paling Patuh Kebijakan PSBB

- 21 Mei 2020, 14:19 WIB
Ilustrasi - SUASANA karantina wilayah Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Senin (13/4/2020). Dishub Jabar dan kepolisian akan tilang pengendara yang lakukan pelanggaran PSBB.*

PIKIRAN RAKYAT BOGOR - Dalam rangka memerangi penyebaran wabah virus corona di Indonesia agar tak semakin meluas, sejumlah wilayah di tanah air telah menerapkan sejumlah kebijakan salah satunya adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dari berbagai daerah yang menerapkan PSBB, kota Bandung disebut sebagai kota yang paling taat dalam menerapkan PSBB berdasarkan data penyedia aplikasi navigasi perjalanan, Waze.

Menurut data Waze, aktivitas mengemudi kendaraan di kota Bandung mengalami penurunan yang cukup drastis yakni hingga 82 persen sejak kebijakan PSBB tersebut mulai diberlakukan.

Baca Juga: Uji Coba Vaksin Corona Pada Manusia tunjukkan Hasil Positif, Berita Baik untuk Masyarakat Dunia

"Kami tidak dapat mengomentari perihal ini karena selain data mengenai kota, kami tidak dapat menjangkau secara lebih spesifik demi melindungi privasi pengguna kami.

Namun, kami dapat berbagi data dengan Anda yang menunjukkan perubahan persentase mengemudi yang tercatat di jalan di beberapa wilayah utama di Indonesia sejak PSBB," jelas Waze Indonesia menjawab pertanyaan tertulis, Selasa 19 Mei 202 dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Antara.

Kemudian, Jakarta mengikuti di posisi kedua sebagai wilayah dengan penurunan aktivitas berkendara mencapai 76 persen. Selanjutnya, ada Surabaya (-75%), Tangerang (-74,%), dan Bekasi (-68%).

Baca Juga: Polemik COVID-19, Bossman Mardigu: Virus Corona Sengaja Diciptakan untuk Kepentingan Tertentu

Berdasarkan data Waze juga, Tangerang Selatan menjadi wilayah dengan tingkat penurunan aktivitas berkendara paling kecil saat pemberlakukan kebijakan PSBB (pengguna Waze mengemudi 47% kilometer lebih sedikit dibandingkan dengan rata-rata harian pada bulan Februari untuk periode dua minggu, 11-25 Februari 2020), dibanding lima kota di atas.

Halaman:

Editor: Miftah Hadi Sopyan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X