Ini Fakta Sebenarnya Kabar Pernyataan WHO yang Menyebut Pria Berpenis Besar Rentan Terinfeksi Corona

- 22 Mei 2020, 15:55 WIB
BENDERA organisasi kesehatan dunia (WHO).* /Wellcome UK

PIKIRAN RAKYAT BOGOR - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini tengah menjadi sorotan publik setelah beredar luas kabar yang mengklaim bahwa WHO menyatakan pria berpenis besar lebih rentan terinfeksi COVID-19.

Akan tetapi, setelah ditelusuri lebih jauh, informasi tersebut adalah hoaks atau masuk dalam kategori konten satire atau parodi.

Hasil pantauan Pikiranrakyat-bekasi.com dari akun Instagram Jabar Saber Hoaks Kamis, 21 Mei 2020, menunggah foto berserta narasi untuk meluruskan informasi yang salah di atas.

Baca Juga: Waspada! Ini Beberapa Makanan yang Ternyata Mengandung Sianida

Awalnya, narasi itu diunggah melalui akun media sosial Facebook. Salah seorang pengguna mencantumkan link berita dari media BBC-News.us dengan judul artikel 'WHO: Pria berpenis besar lebih rentan tertular COVID-19,'

Namun faktanya, narasi yang dimuat dalam media BBC-News.us adalah narasi yang salah dan link yang sebelumnya dicantumkan bukan berasal dari media mainstream BBC News.

Saat link yang dimuat dalam media sosial tersebut dibuka, muncul situs pembuatan berita hoaks bernama The Fake News Generator.

Baca Juga: PLN Pastikan Tidak akan Terjadi Pemadaman Listrik Selama Masa Siaga Lebaran

Kemudian, pada bagian kanan situs tertulis 'You clicked this fake news story. Now Make your own!,' (Anda mengklik artikel berita hoaks. Sekarang buatlah berita hoaksmu sendiri!)."

Halaman:

Editor: Miftah Hadi Sopyan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X