Hubungan Memanas, Perdana Menteri Nepal Salahkan India atas Penyebaran COVID-19 di Negaranya

- 21 Mei 2020, 15:58 WIB
Perdana Menteri Nepal dan India BCCL via India Times

PIKIRAN RAKYAT BOGOR - Penyebaran wabah virus corona di negara Nepal menjadi pukulan baru terhadap hubungannya dengan negara India.

Perdana Menteri Nepal, KP Oli, menyalahkan India atas penyebaran virus corona dinegaranya dan mengklaim bahwa virus itu 'lebih sulit disembuhkan' pada orang yang datang dari India dibandingkan dengan mereka yang masuk dari Italia dan Tiongkok ke Nepal.

"Mereka yang datang dari India melalui saluran ilegal menyebarkan virus di negara itu dan beberapa perwakilan lokal dan pemimpin partai bertanggung jawab untuk membawa orang-orang dari India tanpa pengujian yang tepat," jelas Oli di hadapan Parlemen, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman Indian Express.

Baca Juga: Aksi lelang keperawanan Jadi viral, Sarah Keihl Minta Maaf dan Janjikan Beri Bantuan 1.000 Sembako

KP Oli mengungkapkan bahwa karena arus orang dari luar yang datang ke negaranya membuat pengendalian wabah COVID-19 menjadi lebih sulit.

Permasalah baru yang kini harus dihadapi Nepal adalah meningkatnya jumlah kasus virus. Oli menegaskan bahwa peningkatan jumlah kasus di negaranya disebabkan sejumlah individu yang melanggar lockdown nasional yang dilakukan, terutama mereka yang menyelinap ke Nepal dari India.

"Virus India terlihat lebih mematikan daripada Tiongkok dan Italia sekarang. Lebih banyak yang terinfeksi," jelasnya.

Baca Juga: Tak Gunakan Masker saat Berkendara Motor, ini yang Dilakukan Petugas Pos Pengecekan PSBB di Bali

Sebelumnya, Nepal mencatat lonjakan kasus dalam satu hari dengan pertambahan 83 orang yang dikonfirmasi positif COVID-19.

Halaman:

Editor: Miftah Hadi Sopyan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X