Ahli Virologi Klaim Temukan Cara Sederhana Bantu Atasi Pasien Terinfeksi COVID-19

- 21 Mei 2020, 14:29 WIB
ILUSTRASI berkumur dengan air garam.*

PIKIRAN RAKYAT BOGOR - Hingga saat ini, para ilmuwan di berbagai belahan dunia masih terus bekerja keras untuk terus berupaya menemukan vaksin penangkal virus corona tersebut.

Terbaru, ahli virologi dari Edinburgh University mengklaim telah menemukan perawatan sederhana yang dapat membantu mengatasi pasien yang dinyatakan positif terinfeksi Virus Corona, yakni dengan berkumur menggunakan air garam.

Akan tetapi, para tim medis tetap mendesak agar cara tersebut di uji coba terlebih dahulu untuk mengetahui sejauh mana tingkat efektivitasnya dalam mengatasi COVID-19.

Baca Juga: Aktivitas Berkendara Turun 82 Persen, Kota Bandung Jadi Daerah Paling Patuh Kebijakan PSBB

"Upaya ini nampaknya efektif dalam mengurangi gejala dan lamanya penyakit ini," tulis salah satu peneliti, Dr Sandeep Ramalingan menurut laporan Journal of Global Healt.

Dikutip oleh pikiranrakyat-depok.com dari The Sun pada Rabu, 20 Mei 2020 konsultan virologi di Royal Infirmary of Edinburgh menyatakan bahwa hal ini perlu diteliti lebih dalam lagi untuk membuktikan kebenarannya.

Sebab, cara ini belum jelas apakah hanya dengan berkumur menggunakan air garam bisa efektif dalam mengatasi COVID-19 yang disebabkan oleh SARS-CoV-2.

Baca Juga: Uji Coba Vaksin Corona Pada Manusia tunjukkan Hasil Positif, Berita Baik untuk Masyarakat Dunia

Pengujian pun dilakukan terhadap 66 pasien yang memiliki infeksi hidung dan tenggorokan di Rumah Sakit Royal dan Rumah Sakit Umum di Edinburgh.

Halaman:

Editor: Miftah Hadi Sopyan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X