Beredar Kabar Pernyataan dari WHO yang menyebutkan COVID-19 Bisa Menular Lewat Udara, Ini Faktanya

- 17 Mei 2020, 14:15 WIB
ILUSTRASI virus corona.*

PIKIRAN RAKYAT BOGOR - Di tengah kondisi mewabahnya virus corona di dunia, muncul kabar yang cukup meresahkan publik terkait pernyataan resmi yang disampaikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Narasi yang dibuat dan disebarluaskan tersebut menyatakan bahwa penularan virus corona tidak hanya melalui cairan dari mulut atau hidung (droplet) yang menempal di suatu benda, namun juga bisa menular lewat udara.

Berdasarkan penelusuran Pikiranrakyat-depok.com, dikutip dari Jabar Saber Hoax, menurut unggahan dari Instagram resmi WHO, pihaknya menegaskan bahwa informasi penularan COVID-19 melalui udara seperti yang telah beredar merupakan informasi palsu.

Baca Juga: Pandemi Virus Berlarut-Larut, Warga Beragama di AS Percaya Virus Corona Adalah Pesan dari Tuhan

WHO pun memberi penjelasan bahwa jalur penyebaran utama dari Virus Corona adalah melalui droplets (tetesan) yang disebarkan ketika seseorang batuk, bersin, maupun bicara.

"Droplets ini terlalu berat untuk bertahan di udara. Mereka dengan cepat jatuh ke lantai maupun permukaan," jelas WHO.

Menurut keterangan yang disampaikan WHO, seseorang bisa terinfeksi ketika ia menghirup udara saat berada sejauh 1 meter dengan orang yang positif COVID-19, atau menyentuh permukaan benda lalu kemudian menyentuh bagian wajah seperti mata, hidung, atau mulut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.

Baca Juga: Jumlah kasus COVID-19 di Indonesia Melonjak, Jumat 15 Mei 2020: Pasien Positif Mencapai 16.496 Orang

Artikel berjudul 'Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Myth busters' yang dimuat situs resmi WHO menyatakan virus corona baru adalah virus pernapasan yang menyebar terutama melalui tetesan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, atau melalui tetesan air liur atau keluarnya cairan dari hidung.

Halaman:

Editor: Miftah Hadi Sopyan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X