Waspada! Ini Beberapa Makanan yang Ternyata Mengandung Sianida

- 22 Mei 2020, 15:44 WIB
SIANIDA merupakan zat beracun yang sebenarnya juga terkandung dalam beberapa jenis makanan. Apa saja makanan yang mengandung sianida? PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT BOGOR - Tubuh tentunya membutuhkan asupan makanan yang mengandung gizi serta nutrisi yang seimbang untuk menopang kegiatan kita sehari-hari.

Namun, kita juga perlu memperhatikan jenis makanan yang kita konsumsi. Pasalnya, ada beberapa makanan yang ternyata mengandung senyawa kimia berbahaya seperti sianida.

Sianida merupakan zat kimia yang bekerja dengan cepat dan berpotensi mematikan serta terdapat dalam berbagai bentuk.

Baca Juga: PLN Pastikan Tidak akan Terjadi Pemadaman Listrik Selama Masa Siaga Lebaran

Sianida dapat berupa gas yang tidak berwarna seperti hidrogen sianida (HCN), sianogen klorida (CNCI), bentuk kristal seperti natrium sianida (NaCN), atau kalium sianida (KCN).

Kemudian, sianida sendiri digambarkan memiliki aroma seperti bau ‘almond yang pahit’, tetapi tidak selalu mengeluarkan bau dan tidak semua orang dapat mendeteksi bau ini.

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), sianida ternyata terkandung dalam beberapa jenis tanaman tertentu seperti singkong, kacang lima, dan almond.

Baca Juga: Terbilang Sepele, ini Manfaat Memposisikan Setir Mobil Dalam Posisi Lurus Saat Parkir

Tak hanya itu, biji buah seperti aprikot dan buah persik juga memiliki sejumlah bahan kimia yang jika dimetabolisme tubuh akan berubah menjadi sianida.

Halaman:

Editor: Miftah Hadi Sopyan


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X