Ekonomi Nasional Sudah Diambang Resesi, Negara Beri Relaksasi KUR Bagi UMKM Lewat Gojek, dan Shopee

- 23 September 2020, 17:55 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Instagram/@airlanggahartarto_official
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Instagram/@airlanggahartarto_official /

PR BOGOR - Pengeluaran pemerintah atau Government expenditure menjadi salah satu upaya Pemerintahan Jokowi memulihkan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

Kini pemerintah memutuskan memperluas penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melalui mitra.

Penyaluran KUR kali ini, pemerintah menggandeng mitra Gojek, Grab Indonesia, Tokopedia, dan Shopee.

Baca Juga: Viral Begal Handphone di Kawasan Jakarta Pusat, Polisi Kejar Pelaku Meski Belum Ada Laporan Korban

Tujuan penyaluran KUR untuk meningkatkan produktivitas UMKM sehingga bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang dikoreksi minus pada triwulan ketiga ini.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat acara Penyaluran KUR bagi UMKM Mitra Platform Digital di Kantor Kemenko Perekonomian di Jakarta, sebagaimana dilansir dari Wartaekonomi.co.id, Rabu 23 September 2020.

“Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan pembiayaan UMKM dengan memberikan kemudahan akses, penundaan pembayaran dan menyediakan tambahan subsidi bunga sehingga murah dan meringankan UMKM melalui pelonggaran kebijakan KUR,” kata Airlangga Hartarto.

Baca Juga: [Sidang Umum PBB] - Saatnya Donald Trump Serang Tiongkok, Diminta Bertanggung Jawab atas Covid-19

Dikatakan Airlangga Hartarto, salah satu Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) adalah pelonggaran kebijakan KUR yang bertujuan untuk memperkuat daya beli (demand) dan produksi (supply).

Halaman:

Editor: Amir Faisol


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x