2020 Industri Telekomunikasi Menyongsong Era Customer Centric

- 25 November 2019, 08:49 WIB
ILUSTRASI Komunikasi. Menara Base Transreceiver Station (BTS) salah satu perusahaan telekomunikasi.*/DOK PR

BOGOR, (PR).- Pada 2020 industri telekomunikasi Indonesia akan memasuki periode customer centric minded, menggeser network centric yang dominan selama ini. Dalam customer centric, konsumen bukan hanya menuntut kualitas jaringan yang prima, tapi juga kemampuan pelaku industri dalam menyediakan beragam kebutuhan digital mereka.

Demikian diungkapkan Vice Presindent (VP) Consumer Sales Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Tuty Rahma Afriza, pada Media Gathering Telkomsel Area 2 Jabotabek Jabar di The Highland Park Resort Bogor, akhir pekan lalu. Pada periode baru tersebut, menurut dia, pelaku industri harus fokus memenuhi keinginan dan kebutuhan digital konsumen.

"Pelaku industri telekomunikasi harus mampu membangun mesin pertumbuhan baru, seiring dengan kian merosotnya pengguna layanan konvensional SMS dan voice," katanya.

Kian meningkatnya kebutuhan dan keinginan digital konsumen, menurut dia, terlihat dari penggunaan layanan data pelanggan yang disebut Tuty semakin shopisticated. Sejak beberapa tahun terakhir penggunaan layanan data oleh pelanggan semakin beragam.

"Pelanggan bukan lagi hanya menggunakan layanan data untuk pesan instan," tuturnya.

Baca Juga: Fakta Kebun Raya Bogor, Berusia Dua Abad dan Diajukan Jadi Warisan Dunia

Berdasarkan data Telkomsel, setiap bulannya 96% pengguna internet melalui telepon seluler mengakses layanan pesan instan dan data. Selain itu, sebanyak 95% mengakses video, 83% games, 61% mobile banking, dan 89% layanan peta mobile, seperti Google Map.

"Jumlah pelanggan yang menggunakan layanan pembayaran elektronik juga terus meningkat," tutur Tuty.

Data Telkomsel menunjukan, 96% pengguna internet sudah menggunakan mobile banking. Sebanyak 95% menggunanakan pembayaran elektronik dan 83% berbelanja secara online.

Halaman:

Editor: Ari Nursanti

Artikel Terkait

Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X